Laman

Doa Qunut, Doa Doa Harian, Doa Tahniah , Doa Doa Nabi, Doa Sholat, dan Ayat-Ayat Al-Qur'an

Pengertian Doa Menurut Bahasa dan Dalam Agama Islam

Pengertian Doa Menurut Bahasa - Sahabat budiman kali ini admin akan sedikit memberikan informasi mengenai Doa dan Pengertian menurut bahasa dalam Agama Islam. Ungkapan dosa senanatiasa kita panjatkan  Ketika kita hati sedang dilanda rasa sedih, susah, kecewa, dan juga hati terasa tersakiti. Ada kalanya selain menangis untuk menumpahkan segala rasa yang ada.Pun dengan membaca doa agar menjadi lebih tenang dan beribadah untuk mengadu kepada Sang Pemilik Hidup.

Membahas tentang doa, pastilah sedari kecil kita telah diajarkan untuk membaca doa.  Mulai dari doa sehari-hari seperti doa bangun tidur, masuk ke kamar mandi, doa sebelum makan, hingga doa yang dilafalkan sebelum melakukan suatu aktifitas. Apakah hanya sebagai untaian permintaan ataupun pengharapan atas penghapusan dosa?

Pengertian Doa Menurut Bahasa


Jika biasanya kita berdoa karena menginginkan sesuatu, seperti perihal memohon pengampunan, perlindungan, dan juga terkabulnya sebuah harapan.

Lain halnya secara bahasa, dimana mengandung artinya doa adalah tentang "seruan".

Sedangkan pengertian doa menurut istilah adalah suatu permohonan atau permintaan dan ucapan dalam hati kepada Allah SWT sebagai tuhan semesta alam.

Beroda diwajibkan bagi setiap manusia yang hidup di dunia ini, karena memang mahkluk tak akan ada apa-apanya jika dengan Allah SWT Sang Pemilik Alam Semesta.

Sehingga sebagai manusia sudah sepatutnya untuk sering memanjatkan doa sebagai bentuk "butuh" kepada Sang Illahi.


Pengertian Doa Menurut Bahasa



Doa dalam Islam

Setelah mengetahui konteks umum apa itu doa, pengertian doa dalam islam sendiri yakni, doa menjadi sebuah keharusan yang harus selalu dijunjung tinggi oleh Muslim di seluruh dunia. Karena identitas seorang muslim adalah dari doa, dan kekuatan terbesar seseorang juga berasal dari doa. Oleh karena itulah, doa juga termasuk ke dalam ibadah. Karena tak ada ibadah yang tak menggunakan doa, dan pada hakekatnya doa dalam ibadah ialah ungkapan dari lahirnya kesadaran nurani atau perasaan hajat meminta pertolongan atau bantuan Allah SWT.

Selain itu, jika mengingat kembali bagaimana laju kehidupan seseorang, pastilah kadang akan berada di atas, terkadang juga di bawah seperti roda yang berputar. Mungkin pula hari ini kita sangat senang, tapi siapa tahu besok nasib kita atau lusa menjadi sebaliknya. Oleh karena itu, dalam kondisi yang baik seperti yang kita masih perlu berdoa.

Nabi Muhammad Rasulullah SAW bersabda, “Tiada sesuatu yang paling mulia dalam -pandangan Allah, selain dari berdoa kepada-Nya, sedang kita dalam keadaan lapang.” (HR. Al-Hakim).


Pun di dalam Al-Qur'an juga sudah jelas diterangkan bahwa doa mempunyai beberapa arti dan makna, diantaranya ialah.

1. Al-Hats-tsu ‘alasy-syai`i atau motivasi untuk mengerjakan sesuatu. Lihat Q.S. Nuh ayat 5

2. Al-‘Ibadah atau ibadah. Lihat Q.S. al-Kahfi ayat 14

3. As-Su`al atau permintaan secara umum. Lihat Q.S. al-Baqarah ayat 69

4. Al-Qaul atau ucapan. Lihat Q.S. al-A’raf ayat 5

5. Ath-Thalab atau permintaan, tuntutan. Lihat Q.S. Fathir ayat 18

6. An-Nida atau panggilan. Lihat Q.S. Ali Imran ayat 61

7. Al-Isti’anah atau minta pertolongan. Q.S. al-Baqarah ayat 23

MasyaAllah, sungguhlah doa dalam Islam mempunyai kedudukan yang tinggi karena merepresentasikan bahwa memang kita sebagai makhluk tak ada apa-apaya dibandingkan dengan Sang Pencipta kita.

Oleh karena itulah, diharapkan doa mampu menjadi penghubung untuk kita mencurahkan segala isi hati dan permasalahan hanya kepada-Nya.

Waktu Mustajab dan Adab ketika Berdoa

Ketika membahas tentang pengertian doa dan dzikir yang sudah disebutkan sebelumnya, tak lengkap rasanya jikalau tak mencantumkan kapankah waktu yang tepat untuk seseorang berdoa dan meraih ridha-Nya.

Oleh karena itulah, inilah waktu-waktu yang tepat atau mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT.

1. Setelah Shalat wajib

2. Pada saat tengah malam setelah shalat tahajud

3. Ketika membaca AlQuran

4. Saat berpuasa wajib dan sunah

5. Saat melaksanakan ibadah haji

6. Ketika turun hujan

7. Saat terdzalimi oleh orang lain


Demikianlah Pembahasan sedikit mengenai Pengertian Doa, Mudah-mudahan bermanfaat sdikitnya kita bisa memahami arti doa itu sendiri, mudah-mudahan kita senantiasa mendawamkan doa untuk mengamalkan doa yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Terimakasih
Facebook Twitter Google+
Back To Top